THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

15 Okt 2010

SURVIVAL

Salah satu yang menjadi ciri khas Saka Wirakartika dibawah binaan TNI Angkatan Darat, yaitu adanya krida Survival, yang mempelajari bagaimana kita bisa bertahan hidup dengan situasi yang serba darurat ditengah hutan.
Berikut ini gambaran tentang apa dan bagaimana Survival itu sendiri...

KEBUTUHAN SURVIVAL

SIKAP MENTAL SURVIVAL
Jangan harap seorang yang memiliki mental lembek mampu bertahan hidup karena dalam keadaan darurat kebulatan tekad, kemauan dan semangat juang adalah mutlak hukumnya. Sikap mental yang harus dipunyai oleh seorang survivor seperti :
• Semangat Untuk Tetap Hidup
Jangan pernah meragukan semangat hidup, karena semangat ini merupakan inti dari usaha mempertahankan hidup. Ada kisah seorang ibu, korban kapal karam, bertahan hidup di tengah laut hanya dengan bermodalkan keinginan bertemu anak semata wayangnya. Ibu ini tetap bertahan selama 7 hari di tengah laut hanya dengan sebuah life vest.
• Kepercayaan Diri
Kepercayaan diri dengan menanamkan diri "Saya bisa pulang dengan selamat" merupakan sumber potensial yang harus dijaga dan digali. Dengan kepercayaan diri niscaya timbul kemampuan untuk tetap hidup, segala hal yang mustahil dilakukan manusia normal bisa dilakukan dengan penuh keyakinan.
• Akal Sehat
Don't panic merupakan kata yang sering diucapkan instruktur SAR kepada para peserta kursus bertahan hidup. Sederhananya dengan tidak panik maka seorang survivor bisa memilihara akal sehat yang dimilikinya, akan percuma bila seorang survivor melakukan sesuatu untuk mempertahankan hidupnya dengan keadaan panik tanpa menggunakan akal rasionalnya.
Ada banyak kasus seorang survivor lupa apa yang telah dipelajarinya dan melakukan tindakan bodoh.
• Disiplin dan Rencana
Rencana itu penting tapi tanpa kedisiplinan tinggi, sebuah rencana bisa menjadi sia-sia. Contoh sederhana adalah perencanaan untuk menghemat air, bila persediaan air bisa bertahan selama 3 hari dengan hitungan minum hanya satu gelas selama 1 hari maka survivor harus disiplin menerapkan rencana yang telah ia susun. Itu pentingnya sebuah displin tinggi.
• Kemampuan belajar dan Pengalaman
Hampir seluruh materi survival adalah kumpulan pengalaman entah itu pengalaman kelompok atau pengalaman pribadi. Materi botani bahkan berasal dari pengalaman makan suku pedalaman, mereka lebih mengetahui jenis tumbuhan yang bisa dimakan atau tidak.



PENGETAHUAN
Untuk mendukung suksesnya kegiatan survival dibutuhkan pengetahuan tambahan bagi survivor terutama yang pengetahuan yang berhubungan dengan teknik survival yaitu;
• Pengetahuan cara membuat perlindungan
• Pengetahuan cara mencari air
• Pengetahuan cara memperoleh makanan
• Pengetahuan cara membuat api
• Pengetahuan orientasi medan
• Pengetahuan mengusir dan meminimalisir gangguan hewan liar
• Pengetahuan mencari pertolongan
Semua pengetahuan ini dapat dicari dari berbagai sumber, bisa dari buku, internet bahkan dari pengalaman orang yang pernah tersesat. Beberapa pengetahuan diatas dapat ditemukan di Blog ini dan berusaha terus untuk diupdate. Lebih baik terus belajar dan belajar sehingga bila terjadi keadaan darurat kita mampu pulang dengan selamat.




PENGALAMAN DAN LATIHAN
Petunjuk paling klasik dan masih dianggap penting untuk mengusai teknik survival adalah pengalaman dan latihan teratur. Dengan pengalaman dan latihan teratur, materi survival dapat dikusai. Contoh sederhananya adalah indentifikasi tumbuhan yang bisa dimakan atau tidak, penguasaan materi ini tidak mungkin hanya dapat dihapal satu kali baca. Contoh lain adalah teknik membuat perangkap hewan buruan, teknik tidak mungkin dapat dikuasai dengan benar tanpa pernah berlatih.




PERALATAN
Untuk era sekarang terjadi pergeseran pemahaman pengajaran survival, bila dekade sebelumnya pengalaman dan latihan merupakan pokok materi yang dipelajari di kursus bertahan hidup bergeser ke pemahaman bahwa sebelum terjadi keadaan darurat dimana survival harus dilakukan maka penting untuk mempersiapkan peralatan survival yang tepat dan serbaguna.
Beberapa tempat kursus masih mengajarkan survival dengan alat sederhana dan ditemukan di sekitar medan survival dengan alasan keadaan darurat tak dapat diprediksi sebelumnya. Namun, satu hal yang harus diakui bahwa dengan mempersiapkan peralatan dengan matang akan sangat membantu.


KEMAUAN BELAJAR
Seseorang harus mau belajar mengenal kondisi alam sebelum melakukan perjalanan. Bagi sebagian orang, mereka lupa bahwa keadaan darurat tak dapat diprediksi sehingga alasan yang masuk akal untuk belajar survival bagi orang awan sekalipun.
Persiapan alat, mengetahui kondisi tempat yang dituju merupakan langkah awal mempersiapkan diri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar